POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

Kompetisi Website Kompas MuDA - IM3 - My own way To coloring earth

Diposting oleh Suicune And the Pair of Heart On 02.21
Meski sempat harus mengulang tulisan ini karena di kerjain oleh salah satu teman saya, akhirnya tulisan ini selesai juga



Tema : Jadilah Sahabat Bumi (Kompetisi Website Kompas MuDA - IM3)
Judul : My own way To coloring earth
Silahkan Kunjungi http://www.mudaers.com






kadang kita sering bertanya, apa yang bisa di lakukan oleh manusia terhadap bumi yang sudah renta ini? Bumi, tempat yang sudah menjadi tempat tinggal manusia selama 5,8 milyar tahun, banyak yang sudah di berikan oleh bumi terhadap manusia, melalui event ini tampaknya Kompas Mudaers dan IM3
mecoba menggugah pikiran para anak muda di indonesia untuk berpikir lagi, bagaimana cara menyelamatkan bumi ini, bagaimana kita bisa memberikan bumi kesempatan untuk bernafas lega sejenak.



You think you own whatever land you land on
The Earth is just a dead thing you can claim
But I know every rock and tree and creature
Has a life, has a spirit, has a name

You think the only people who are people
Are the people who look and think like you
But if you walk the footsteps of a stranger
You'll learn things you never knew you never knew

Have you ever heard the wolf cry to the blue corn moon
Or asked the grinning bobcat why he grinned?
Can you sing with all the voices of the mountains?
Can you paint with all the colors of the wind?
Can you paint with all the colors of the wind?

Come run the hidden pine trails of the forest
Come taste the sunsweet berries of the Earth
Come roll in all the riches all around you
And for once, never wonder what they're worth

The rainstorm and the river are my brothers
The heron and the otter are my friends
And we are all connected to each other
In a circle, in a hoop that never ends

Have you ever heard the wolf cry to the blue corn moon
Or have the Eagle tell where he's been?
Can you sing with all the voices of the moutnain
Christy Carlson Romano - Colors Of The Wind
Can you paint with all the colors of the wind
Can you paint with all the colors of the wind

How high will the sycamore grow?
If you cut it down, then you'll never know
And you'll never hear the wolf cry to the blue corn moon

For whether we are white or copper skinned
We need to sing with all the voices of the mountains
We need to paint with all the colors of the wind

You can own the Earth and still
All you'll own is Earth until
You can paint with all the colors of the wind


lyric lagu Pocahontas - the Color Of the wind
dinyanyikan Oleh Vanessa William

lihat baik baik lirik lagu ini, tentunya anda akan melihat makna yang tersembunyi di dalam tiap untaian bait lirik lagu tersebut, dapat kah kalian melukis dengan warna alam, bagaimana anda bisa tahu pohon bisa tumbuh tinggi jikalau kau tebang begitu saja, yang ku tahu, baik itu batu, tumbuhan, hewan dan benda di alam.. punya nama, punya kehidupan dan punya Ruh

maka Oleh karena itu Ijinkanlah saya melukiskan warna dari angin ke dalam tulisan saya berikut ini.





Potret Bumi masa Kini

* Tahukah kamu kalau suhu udara di bumi telah meningkat 1,4 derajat celcius dalam 127 thn terakhir ini ?

* Tahukah kamu bahwa gunung es di kutub akan mencair seluruhnya pada thn 2040 jika tingkat pemanasan global tidak dapat dikurangi saat ini ?

* Tahukah kamu saat ini hanya terdapat 27 gunung es yang masih dapat diidentifikasi dari 150 yang tercatat pada thn 1910 ?

* Tahukah kamu bahwa Industri diseluruh dunia menghasilakn 332 BMT gas CO2 setiap harinya ? ini diperkirakan 30 % lebih besar daripada kemampuan seluruh tumbuhan dimuka bumi ini untuk menyerapnya.

* Tahukah kamu bahwa suhu permukaan air laut telah meningkat 0.6 derajat celcius dalam 25 thn terakhir dan tinggi air laut diseluruh dunia rata2x meninggkat sekitat 14 Cm dalam 10 thn terakhir ?

* Tahukah kamu bahwa mundurnya AS dari Protokol kyoto telah menyebabkan emisi gas buang CO2 bertambah 20 % dari perkiraan semula ? North America (US & Canada) menyumbang 36 % dari seluruh gas buang CO2 didunia ini. Tempat kedua diduduki uni Eropa dgn 13,2 % dan Cina berada ditempat ke 3 dengan 12.4 % berikutnya adalah Rusia + former ussr dengan 6,7 % dan Jepang dengan 5 %, negara terakhir yang masuk dalam kumpulan ini adalah India yang menghasilkan 3,3 % dan Korea Selatan dengan 2,4 %. Gabungan dari negara2x industri maju (24 negara) ini telah memberikan kontribusi 80 % gas karbon buangan dunia, sementara 20 % sisanya di bagi rata kepada 159 negara lainnya.

* Tahukah kamu EU adalah kelompok negara yg memberikan kontribusi terbesar bagi Global Restoration Program dengan mengalokasikan 220 milliar Euro dalam jangka waktu 10 thn. Target mereka adalah mengurangi gas buangan industri di negara EU dan penghijauan hutan2x dunia ? (Dalam kelompok ini Jerman adalah negara penyumbang terbesar)

* Tahukah kamu UN memperkirakan 12 % penduduk dunia akan mengalami bahaya kelaparan akut, produksi pangan akan menurun 16 % diseluruh dunia, Grain Price (harga Pagan dalam bentuk biji atau bulir, termasuk padi, gandum, dll) akan meningkat 100 % pada thn 2010 ?

* Tahukah kamu, Hasil observasi dan kalkulasi Ilmuwan menunjukan bahwa kalaupun manusia berhenti menggunakan fossil fuel dan menghentikan produksi pabrik2x sama sekali dan mematikan semua listrik didunia ini maka efek pemanasan global baru akan reda setelah 100 thn ? Berdasakran Wigley Model on Global Warming, bahkan jika manusia melakukan hal tersebut diatas maka pada thn 2100 (penelitian dilakukan pada thn 2000) suhu udara rata2x didunia akan meningkat 4 derajat celcius dan ketinggian air laut diseluruh dunia akan meningkat 30 Cm.

* Tahukah kamu bahwa Gunung Es besar di Greenland mencair semua maka ketinggian air laut akan naik mencapai 7 meter ? Dengan tingkat suhu sekarang maka hanya dibuthkan pertambahan 3 derajat celcius pada pemanasan global, dan dengan tingkat pertambahan suhu saat ini paling tidak dalam waktu 50 thn maka suhu itu akan tercapai. Dengan suhu rata2x 5-6 derajat celcius maka seluruh gunung es di green land akan sepenuhnya mencair dalam waktu 37 thn.

* Tahukah kamu bahwa Es di kutub utara telah hilang hampir 60 % nya ? Pada thn 1979, musim panas di kutub utara menunjukan bahwa Arctic ice memiliki luas sebesar 6,74 juta Km persegi. Pada thn 2007, musim panas dikutub utara menunjukan hasil 2,61 Juta Km Persegi

* Tahukah Kamu, Kerusakan Hutan di indonesia bisa Mencapai Seluas 300 Lapangan Sepakbola setiap Jamnya? Boleh percaya atau tidak hal itu membuat Indonesia tercatat di Guiness world Record sebagai negara penghancur hutan tercepat 2008, 1,871 juta hektar hutan di Indonesia di hancurkan pertahun antara tahun 2000 sampai 2005, sementara Luas hutan Indonesia sampai dengan Tahun 2005 adalah 88,495 juta hektar. tingkat kehancuran sebesar 2 % setiap tahunnya atau bisa di bilang 51 KM persegi tiap harinya

melihat fakta di atas rasanya merinding juga, aku tidak bisa membayangkan bagaimana jika hal ini terus terjadi, akankah masih ada bumi yang bisa kita pijak? bagaimana tidak merinding akan melihat masa depan Bumi. fakta fakta diatas semakin membeberkan kalau bumi sendiri makin lama makin melemah.

terus apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak tersebut?
jawabnya ada banyak

* Hemat kertas,
* Kurangi sampah
* Kurangi Pemakaian Plastik
* Hemat air
* Naik sepeda/jalan untuk jarak dekat
* Naik bis untuk jarak jauh
* Ganti lampu dengan yang hemat energi
* Gunakan alat elektronik hemat listrik

mungkin sebagaian jawaban dia atas memang benar adanya,
Contoh
kita bisa menghemat kertas

Setiap lembaran kertas dihasilkan dari sebatang pohon. Kertas dari bahan kayu keras dibuat dari batang pohon Jati, Ek, Damar, Maple dll. Kertas yang dibuat dari kayu pohon lunak misalnya dari pohon pinus.Kertas dari pohon dari kayu keras lebih lembut dan enak dipakai menulis, tetapi sayang kertas kayu keras tidak sekuat kertas kayu lunak. Maka untuk mendapatkan lembaran kertas yang bagus dihasilkan dari campuran sebatang pohon berkayu keras dan pohon berkayu lunak.

Berapa lembar kertas yang dihasilkan dari sebatang pohon?

Mari kita perkirakan dengan hitungan berikut ini: Ada sebuah lahan yang ditanam pepohonan berkayu keras. Lebarnya 8 kaki, panjangnya 4 kaki, dan tingginya 4 kaki. 3 kaki kira-kira sama dengan 1 meter. Apa saja yang bisa dihasilkan oleh lahan ini? Ternyata pohon-pohon itu bisa menghasilkan 1000-2000 pon kertas, atau 1/2-1 ton kertas, atau 942.100 halaman buku, atau 4.384.000 perangko, atau 2700 eksemplar koran, atau…berapa eksemplar lagi halaman majalah kesayangan anda? Jadi berapa banyak jumlah pohon yang harus ditebang untuk menghasilkan kertas yang ada di seluruh dunia?…Hmmm, silakan anda hitung sendiri…Fantastis bukan? Bisa dibayangkan, kalau manusia tidak menanam pohon kembali, maka hutan-hutan akan gundul dan gersang…hiiii seram kan, membayangkan bencana yang akan timbul.

Menghemat kertas, berarti menghemat : POHON, MINYAK, ENERGI LISTRIK DAN AIR. Kalau kita menghemat 1 ton kertas, berarti kita juga menghemat 13 batang pohon besar, 400 liter minyak, 4100 Kwh listrik dan 31.780 liter air. Fakta yang luar biasa!

Memang setiap orang tidak bisa menghemat kertas sebanyak 1 ton. Tetapi kalau setiap orang melakukan penghematan minimal 1 lembar kertas per hari, pasti di seluruh dunia berton-ton kertas yang dapat dihemat bukan?

Berdasarkan penelitian para ahli, satu hektare hutan selama satu jam mampu menyerap 8 kg gas CO2, sama dengan proses 200 orang bernapas. Satu pohon yang berfotosintesis sama dengan menyerap 1 kg CO2 dan mengeluarkan 0,73 kg O2. Dengan kemampuan ini, secara matematis dapat diperkirakan sebagai berikut, jika hutan kota dibangun disekitar 500 kota yang ada di Indonesia (33 ibu kota provinsi ditambah ibu kota setiap kabupaten/kota), dan setiap kota membangun minimal 2 hutan kota maka akan diperoleh sebanyak 1.000 hutan kota. Jika setiap hutan kota ini ditanami minimal 100 pohon, akan diperoleh 100 ribu pohon di Indonesia yang tumbuh dalam 1.000 hutan kota tersebut. Karena satu batang pohon mampu menyerap CO2 sebesar 1 kg untuk melakukan satu kali proses fotosintesis, dengan 100 ribu pohon akan mampu menyerap CO2 sebesar 100 ribu kg. Bisa dibayangkan jika pohon melakukan aktivitas fotosintesis sekali sehari, sudah berapa gas CO2 yang terserap dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun? Perkiraan ini akan bertambah lagi dengan program pemerintah melalui Perhutani yang sudah menyiapkan 400 juta bibit yang rencananya ditanam di 200 ribu hektare hutan kosong dengan operasi hutan lestari tanpa batas. Ditambah lagi dengan pohon-pohon yang ada di taman-taman dan deretan pepohonan yang ada di sepanjang jalan di setiap kota. (www.kabarindonesia.com)


FIUUUH.. itu baru 1 cara, menghemat kertas..., gimana dengan menerapkan cara lainnya yah? tentunya makin banyak sekali penghematan yang bisa kita lakukan, berarti juga banyak sekali sumbangsih yang kita berikan ke bumi itu sendiri

Coloring Earth With My Own WAy
nah disinilah terjadi perdebatan sengit antara pikiran saya, dalam hal Ini adalah Dilema yang terjadi sebagai salah seorang mahasiswa, apalagi jikalau Musim Paper melanda, bisa dibilang di jurusan Ilmu Hubungan internasional ini, setiap minggunya setidaknya ada 3 Paper yang harus di Kumpul ke meja dosen, dan jikalau sudah dekat waktu Ujian akhir, Ujian paper pun makin menggila dimana kalau pada waktu biasa hanya sekitar 5-7 lembar kertas, sedangkan UAS sendiri udah minim 10 halaman...

*itu baru saya saja, bagaimana dengan yang lainnya, jadi dalam seminggu berapa banyak kertas yang terkumpul?

inilahnya dilema saya, diantara menyelamatkan bumi dan menyelamatkan NIlai...
utopis memang terkadang saya ingin menyelamatkan dunia dan menyelamatkan nilai saya.. tapi bagaimana caranya?

lalu terlintaslah ide

Bagaimana jika selagi kita berperang dan berjuang menyelamatkan bumi dari kehancuran kita juga mendidik generasi muda supaya peduli dengan Isu Lingkungan~!

Lalu apa Kendalanya? jangan di tanya kendalanya, pasti banyak sekali yang akan bisa di List dari kendala kendala tersebut, tapi mari fokus kebeberapa isu
Mode, Teknologi, Entertaiment, Kurikulum pelajaran
keempat isu inilah yang saya rasa menjadi kendala bagi kaum muda untuk peduli terhadap isu lingkungan, lalu

bagaimana kita ubah agar isu ini bisa di mengerti orang kalangan Muda, agar mereka bisa konsen ke isu lingkungan

berikut mungkin beberapa Saran yang bisa di terapkan agar generasi Muda bisa paham dan ambil bagian dalam isu Lingkungan.

1. GANTUNGAN HANDPHONE VERSI TANAMAN MINI
NOTES : IDe ini merupakan Ide dari Kementrian Desain Indonesia Blog, tapi saya rasa cukup bagus untuk di terapkan


100 Juta pengguna handphone di Indonesia bisa kita manfaatkan untuk terlibat membantu menanam bibit tanaman. Pemerintah cukup mensubsidi pembuatan gantungan HP yang kami desain dan disebarkan melalui sekolah, instansi pemerintah, perusahaan hingga LSM lingkungan seperti WALHI.

Apabila sudah besar, tanaman tersebut bisa dipindahkan di halaman rumah masing - masing atau ditukarkan ke departemen lingkungan hidup.
Bayangkan apabila ada 100 juta bibit tanaman yang tumbuh mekar ? Bumi Pertiwi pasti bahagia :)




2. Harvest Moon merupakan Game Wajib yang harus di mainkan oleh anak-anak
siapa sih yang tidak tau harvest moon, game simulasi kehidupan mengenai cara manusia bisa survive di peternakan dan menseleraskan kehidupan manusia dengan alam disamping menjalankan misi untuk mencari uang,
Game yang Di Release oleh Natsume Company Ltd. (ナツメ株式会社, Natsume Kabushiki kaisha?) ini kiki acungi 3 jempol sebagai Game yang wajib di mainkan Oleh berbagai Kalangan, game yang mengambil unsur simulasi pertanian ini sama sekali tidak mengandung unsur kekerasan di dalamnya *kecuali kamu mukulin ternak pake palu
dengan grafis yang imut, kita di ajarkan bagaimana merawat sebuah perternakan, baik dari membeli bibit, memberi pupuk tanaman, merawat tanaman hingga berbuah dan di panen, serta merawat hewan ternak hingga menghasilkan suatu nilai plus yang membantu Gamer Survive di Gamenya

3. National Geographic sebagai Buku pegangan wajib anak sekolah dasar.


Eh salah Cover

Nah Ini baru bener
National geographic, adalah buku favorit kiki, buku yang bagus untuk memperkenalkan kepedulian pada Alam dan Lingkungan sekitar,
buku yang di produksi oleh National geographic Society ini, tidak perlu di tanyakan lagi mutu conten dan isinya, bahkan kalau anda membayar 50 ribu untuk sebuah buku ini, anda tak akan rugi
dengan conten bagus, berbobot serta disertai Foto sekelas Kaliber Dunia, National Geographic pantas untuk di jadikan buku bacaan anak SD

4. NO INFOTAIMENT DAN SINETRON DI TIVI, ganti dengan Discovery Channel atau Animal Planet.

melihat acara tivi yang ada membuat saya agak trenyuh melihatnya, anak anak cenderung lebih hapal nama pemain sinetron ketimbang bagaimana bentuk hewan sebenarnya, perlu di perhatikan banyak sekali sobat muda yang mungkin merasa sering melihat SInetron atau Infotaiment terkadang di tonton Oleh anak-anak dengan gamblang tanpa pengawasan Orang tua

Oleh karena itu saya mandatkan Pada pemerintah Untuk meregulasi agar SLOT PRimetiime dari Televisi di ubah dari SINETRON dan INFOTAIMENT menjadi saluran bermutu macam Animal Planet Atau Discovery Channel,


5. Setiap Rumah Setidaknya Mempunyai Green House
pendidikan yang di terima oleh setiap Individu, keluarga adalah tempat pertama kali mereka menempa diri untuk mendapat pengetahuan yang memadai dan berguna di kemudian hari..

oleh karena itu Keluarga merupakan dasar yang penting demi membentuk generasi baru bagi kepedulian terhadap isu lingkungan, terus jikalau tidak ada Lahan memadai, kan bisa pake atap rumah bahkan ubah saja rumah tersebut jadi rumah Hijau, kalau perlu jadi hutan belantara, hitung hitung penghijauan







akhir kata, sekian dari saya.. apabila ada tulisan yang menyinggung saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Tertanda Rifcy Zulficar

5 Response to "Kompetisi Website Kompas MuDA - IM3 - My own way To coloring earth"

  1. Anonim Said,

    Aduuugh ki'~~~

    Ternyata kamu sedang menulis tulisan yang serius... Maaf banget ya~~... T___T

    Btw gua juga suka ama NatGeo. Salah satu buku yang lebih bermutu daripada Hai, Kawanku, Gaul, dan semacamnya. =='

     

  2. Anonim Said,

    wah maz, aq suka ide yang tanaman gantung mini handphone...

    hmmm... bisa buat proyek n bisnis nie... (thx infonya maz)

     

  3. Anonim Said,

    wah..aku salut ama adik aku yg satu ini....

    ternyata dia sangat pandai buat ulasan begini..

    dan ternyata kepandaiannya tdk hanya dlm menzholimi kakak nya..

    kaka selalu mendukung kamu..
    berbuatlah yg terbaik unutk diri kamu dan bangsa kita..
    oke ..
    semangat..

    Abie..180109
    banjarmasin

     

  4. @agi

    apa yaaa


    @randy
    hihihihii iya pengen juga

    @mas abie
    maksudnya ini memuji atau menghina???

     

  5. Anonim Said,

    wah..such a briliant ideas!!! love it..for our future


    i support U

     

Posting Komentar

    Wh

    Blog Archive