POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

Perbandingan Faceebook dan Friendster

Diposting oleh Suicune And the Pair of Heart On 19.41
Suicune Blog, Rifuki No Monogatari, The Tale of Rifcy


Kedua kata tersebut adalah sebuh situs network social. Sebeanrnya apa yang dimaksud dengan situs social,seperti yag dikutip dari http://jcmc.indiana.edu/vol13/issue1/boyd.ellison.html Situs sosial adalah “web-based services that allow individuals to (1) construct a public or semi-public profile within a bounded system, (2) articulate a list of other users with whom they share a connection, and (3) view and traverse their list of connections and those made by others within the system. The nature and nomenclature of these connections may vary from site to site.”

Saat ini salah situs pertemanan yang tengah menjamur adalah Facebook. Dulu, sebelum Facebook terlihat, friendster lah yang menduduki kursi teratas dalam pertemanan di dunia maya. Namun saat ini seperti yang sudah terlihat pada tabel yang ada di Google Trends tersebut sudah menjelaskan bahwa eksistensi facebook telah mengejar friendster dan pada akhirnya mencapai titik yang sama pada Januari 2009. Dalam sebuah tulisan yang terdapat dalam blog resmi Facebook, Zuckerberh mengumumkan bahwa situs jaringan sosial ini, telah memiliki 150 juta pengguna dari seluruh dunia, pada awal 2009.

Situs jaringan pertemanan Facebook diluncurkan pada 4 Februari 2004. Awalnya Mark Zuckerburg membatasi penggunanya hanya dikhususnya untuk alumni Harvard. Namun dengan kepopulerannya yang berkembang begitu pesat, akhirnya Facebook terbuka untuk umum pada akhir tahun 2006. Dengan catatan statisitik jumlah penggunanya hingga 50 juta pada Oktober 2007. Sedangkan, Friendster dapat dikatakan sebagai perintis situs pertemanan dalam dunia Internet. Dikembangkan tahun 2002 oleh Jonathan Abrams.

Beberapa pendapat mengatakan bahwa aplikasi dan feature-feature yang disajikan Facebook lebih menarik jika dibandingkan dengan Friendster. Dalam facebook foto yang kita upload dapat di tag kepada teman-teman kita, dan hal ini belum bisa dilakukan Friendster hingga saat ini. Feature lain yang menarik dari Facebook adalah status. Status yang abru saja di update bisa langsung dilihat oleh teman kita dan langsung dapat memberikan komentar pada saat itu juga, feature ini pun belum miliki Friendster hingga saat ini. Dan masih banyak feature-feature facebook lainnya yang telah menarik hati penggemarnya di Dunia, khususnya di Indonesia.


Di Asia, Friendster memang menjadi yang paling populer. Namun di Eropa dan Amerika, Facebook adalah yang paling populer. Namun dalam tabel yang terlihat sudah di Pastikan di Indonesia peran Facebook seperti menjadi cukup penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia di dunia maya. Pada bulan Juli 2007, Friendster masih menjadi yang paling favorit di Indonesia, namun dalam waktu kurang dari 7 bulan saja, Facebook sudah berada pada titik yang sama.

Dalam besar penggunaan memory kedua situs tersebut memiliki cakupan memmory yang berbeda dalam pengaksesan datanya membuat kedua situs ini memilik keunggulan masing-masing. Pada situs friendster penggunanya dapat berekspresi lebih maksimal dalam menggambarkan dirinya melalui tampilan tata letak gambar yang ekspresif.

Pada facebook. Tampilan tata letak gambar tidak dapat dirubah sesuai keingnan penggunanya secara maksimal, melainkan hanya bisa diatur kotak aplikasi mana berada disebelah mana, tampilan layar yang putih seakan membuat situs facebook ini lebih ramah dilihat dan kemudahan mengakses karena data yang diperlukan tidak menuntut banyak. Sampai saat ini Indonesia menduduki peringkat ke-enam pengguna facebook sebesar 2,9% di seluruh dunia setelah U.S.A, U.K, Itali dan Perancis.

Saat ini di Indonesia facebook termasuk salah satu situs yang sedang Trend, dan kami pikir itulah sebabnya mengapa pengguna facebook saat ini telah mencapai angka yang sama dengan Friendster, situs yang lebih dulu berdiri jauh sebelum Facebook.

http://kelompoktujuh.blogdetik.com/2009/03/06/facebook-vs-friendster/





2 Response to "Perbandingan Faceebook dan Friendster"

  1. Heri Said,

    temen2 juga lagi pada facebook nih...

     


Posting Komentar

    Wh